Page 4 - Laporan P5 Kewirausahaan 1
P. 4

BAB I |

                                                   PENDAHULUAN



               A.    LATAR BELAKANG
                           Pendidikan saat ini sudah berada berada di abad 21, yang penuh dengan persaingan

                     dan globalisasi. Sekolah dengan segala programnya harus mampu mempersiapkan siswanya

                     menjadi siswa yang mandiri untuk mampu berkompetisi dalam segala bidang, khusus bidang
                     entrepreneur. Sekolah mempersiapkan program kewiruasahaan dengan menerapkan nilai-

                     nilai kewirausahaan kepada siswa sehingga siswa mempunyai jiwa entrepreneur. Salah satu
                     kegiatan  kewirausahaan  di  sekolah  dapat  diimplementasikan  dalam  bentuk  kegiatan

                     kointrakuler, ekstrakurikuler serta pengembangan diri. Siswa tidak hanya cerdas di teori saja,
                     tetapi juga cerdas dan siap terjun didunia bisnis.

                           Tema Kewirausahaan SMA yang mengacu kepada dimensi Profil Pelajar Pancasila,

                     dengan  Projek  “AKSIOMA  POL  (Aksi  Kreasi  Olahan  Bersama  Potensi  Lokal)”  ini
                     bertujuan  untuk  membangun  kesadaran,  menggali  potensi  diri  dan  daerah,  serta

                     memberdayakan  pengetahuan  dan  keterampilan  yang  dimiliki  dalam  mengembangkan
                     wirausaha.

                           Latar  belakang  dibuatnya  laporan  ini  adalah  sebagai  bentuk  laporan  pelaksanaan
                     Proyek  Penguatan  Profil  Pelajar  Pancasila  yang  sudah  dilaksanakan  di  sekolah.  Melalui

                     pengalaman belajar pada Program Kewirausahaan SMA dengan Projek “Aksi Kreasi Olahan

                     Bersama Potensi Lokal”, diharapkan dapat menumbuhkan generasi muda yang memiliki
                     daya kreasi dan inovasi yang tinggi, visioner, berjiwa pemimpin, mandiri, berkomitmen,

                     pantang menyerah, dan mampu mengambil bagian masa depan bangsa yang berdaya dalam

                     memperkuat ekonomi nasional dengan menggali potensi daerah.


               B.    TUJUAN KEGIATAN
                     1.  Memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk “mengalami pengetahuan”

                         sebagai proses penguatan karakter sekaligus kesempatan untuk belajar dari lingkungan
                         sekitarnya.

                     2.  Memberikan inspirasi kepada peserta didik untuk berkontribusi bagi lingkungan

                         sekitarnya
                     3.  Menjadi sarana yang optimal dalam mendorong peserta didik menjadi pelajar

                         sepanjang hayat yang kompeten, berkarakter, dan berperilaku sesuai dengan nilai-nilai
                         Pancasila

                     4.  Menumbuhkan jiwa kewirausahaan di dalam diri peserta didik.






                                                              4
   1   2   3   4   5   6   7   8   9