Page 4 - Laporan P5 Kewirausahaan 1
P. 4
BAB I |
PENDAHULUAN
A. LATAR BELAKANG
Pendidikan saat ini sudah berada berada di abad 21, yang penuh dengan persaingan
dan globalisasi. Sekolah dengan segala programnya harus mampu mempersiapkan siswanya
menjadi siswa yang mandiri untuk mampu berkompetisi dalam segala bidang, khusus bidang
entrepreneur. Sekolah mempersiapkan program kewiruasahaan dengan menerapkan nilai-
nilai kewirausahaan kepada siswa sehingga siswa mempunyai jiwa entrepreneur. Salah satu
kegiatan kewirausahaan di sekolah dapat diimplementasikan dalam bentuk kegiatan
kointrakuler, ekstrakurikuler serta pengembangan diri. Siswa tidak hanya cerdas di teori saja,
tetapi juga cerdas dan siap terjun didunia bisnis.
Tema Kewirausahaan SMA yang mengacu kepada dimensi Profil Pelajar Pancasila,
dengan Projek “AKSIOMA POL (Aksi Kreasi Olahan Bersama Potensi Lokal)” ini
bertujuan untuk membangun kesadaran, menggali potensi diri dan daerah, serta
memberdayakan pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki dalam mengembangkan
wirausaha.
Latar belakang dibuatnya laporan ini adalah sebagai bentuk laporan pelaksanaan
Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila yang sudah dilaksanakan di sekolah. Melalui
pengalaman belajar pada Program Kewirausahaan SMA dengan Projek “Aksi Kreasi Olahan
Bersama Potensi Lokal”, diharapkan dapat menumbuhkan generasi muda yang memiliki
daya kreasi dan inovasi yang tinggi, visioner, berjiwa pemimpin, mandiri, berkomitmen,
pantang menyerah, dan mampu mengambil bagian masa depan bangsa yang berdaya dalam
memperkuat ekonomi nasional dengan menggali potensi daerah.
B. TUJUAN KEGIATAN
1. Memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk “mengalami pengetahuan”
sebagai proses penguatan karakter sekaligus kesempatan untuk belajar dari lingkungan
sekitarnya.
2. Memberikan inspirasi kepada peserta didik untuk berkontribusi bagi lingkungan
sekitarnya
3. Menjadi sarana yang optimal dalam mendorong peserta didik menjadi pelajar
sepanjang hayat yang kompeten, berkarakter, dan berperilaku sesuai dengan nilai-nilai
Pancasila
4. Menumbuhkan jiwa kewirausahaan di dalam diri peserta didik.
4