Page 9 - Laporan P5 Kewirausahaan 1
P. 9

BAB III

                                                    PELAKSANAAN



                   A.  PEMBAHASAN KEGIATAN PROJEK
                            Kegiatan  projek  P5  SMA  Negeri  7  Purworejo  pada  tema  Kewirausahaan  “Aksi

                     Kreasi  Potensi  Daerah  (AKSIOMAPOL)”  bertujuan  memberikan  kesempatan  kepada
                     peserta didik untuk “mengalami pengetahuan” sebagai proses penguatan karakter sekaligus

                     kesempatan untuk belajar dari lingkungan sekitarnya, memberikan inspirasi kepada peserta

                     didik untuk berkontribusi bagi lingkungan sekitarnya, menjadi sarana yang optimal dalam
                     mendorong peserta didik menjadi pelajar sepanjang hayat yang kompeten, berkarakter, dan

                     berperilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila dan menumbuhkan jiwa kewirausahaan di
                     dalam diri peserta didik.

                            Kegiatan Projek ini terdiri dari 5 tahap: pengenalan, kontekstualisasi, perencanaan,

                     aksi, dan refleksi. Tahap pengenalan dan kontekstualisasi adalah bagian dari penyadaran
                     untuk  menggali  potensi  diri  dan  daerah  yang  dapat  dimanfaat  sebagai  sumber  usaha.

                     Mengacu pada Aksi Kreasi Olahan Bersama Potensi Lokal, kedua tahap ini “dimaksudkan
                     untuk  memberi  bekal  kepada  siswa  untuk  mengenal  potensi  dirinya  dan  belajar

                     mengembangkan potensinya untuk menangkap peluang serta mengorganisir usahanya dalam

                     mewujudkan cita-citanya. Program penyadaran ini ditujukan untuk menumbuhkan beberapa
                     sikap mental yang dibutuhkan untuk menjadi seorang wirausahawan.  Hal ini sangat penting

                     dilaksanakan  mengingat  motivasi  sebagian  besar  pemuda  Indonesia  untuk  berwirausaha
                     masih cukup rendah.”

                            Kegiatan Projek dilaksanakan salama 15 hari dan diikuti seluruh peserta didik kelas
                     X. Setiap kelas pada setiap pembelajaran didampingi oleh koordinator projek kelas yang

                     bertujuan  untuk  memantau  aktivitas  pembelajaran  kelas  projek.  Pembelajaran  Projek

                     menggunakan Platform Google Classroom yang memuat tahapan aktifitas, materi, Lembar
                     Kerja, ruang pengumpulan tugas dan dokumentasi kegiatan.

                            Kegiatan ini menitik beratkan pada pembelajaran 4C (Creatif, Critical Thingking,
                     Comunication, Colaboration) dan penguatan nilai karakter profil pelajar Pancasila dimensi

                     beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, gotong royong, mandiri dan kreatif.

                            Kegiatan  Projek  ini  juga  melibatkan  narasumber  luar  diberbagai  bidang
                     kewirausahaan yaitu pariwisata oleh Dinas Pariwisata Kab. Purworejo, Budidaya Ikan Lele

                     dan Pengelola Chatering ternama di Purworejo, 2 dari narasumber tersebut merupakan orang
                     tua dari peserta didik kelas X. Dengan demikan kegiatan ini mendapatkan dukungan positif

                     dari orang tua peserta didik yang sebelumnya sudah di sosialisasikan oleh sekolah.





                                                              9
   4   5   6   7   8   9   10   11   12   13   14